Sunday, April 3, 2016

Inilah Penyebab Sakit Perut Di Bagian Atas

Biasanya, sakit perut bagian atas terjadi ketika seseorang langsung berbaring sesudah menyantap makanan. Hal itu menyebabkan gas yang ada di lambung terdesak ke atas melalui tenggorokan. Selain itu, beberapa kondisi medis bisa juga menyebabkan gejala ini.
Sakit Perut Di Bagian Atas

Selain merasakan mulas atau sensasi terbakar, sakit perut bagian atas bisa terjadi berbarengan dengan gejala lain yang terkait masalah pencernaan. Beberapa gejala tersebut antara lain:
  • Perut kembung
  • Nyeri dada bagian atas
  • Sendawa
  • Susah buang air besar
  • Diare
  • Mual
Jika Anda mengalami sakit perut bagian atas yang disertai nyeri dada, dada sesak atau tertekan, dan denyut jantung lebih cepat dari biasanya, bisa jadi itu adalah tanda serangan jantung. Tanda lainnya adalah jika sakit perut bagian atas menyebar menuju bahu dan lengan, sistem pernapasan terganggu, serta muntah darah atau cairan hitam menyerupai warna kopi. Jika mengalaminya, segera minta pertolongan kepada ahli medis agar tidak berdampak fatal.

Apa Saja Kemungkinan Penyebabnya?

Agar bisa menghindari diri dari sakit perut di bagian atas, kenali beberapa penyebabnya di bawah ini.
  • Diet tidak sehat
Adapun penyebab paling umum dari sakit perut bagian atas biasanya disebabkan kekenyangan, mengonsumsi minuman beralkohol sambil makan, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berminyak.
  • Sindrom Iritasi Usus
Ciri-ciri dari penyakit ini adalah sakit perut bagian atas yang dialami minimal enam bulan. Sakit jenis ini biasanya disertai dengan rasa kembung dan perubahan frekuensi buang air besar misalnya dari konstipasi ke diare dan sebaliknya.
  • Tukak
Jika Anda merasakan perut bagian atas sangat perih, mungkin dinding lambung Anda mengalami peradangan. Salah satu tanda khas dari penyakit ini adalah serangannya yang makin parah di malam hari. Jika rasa sakit terjadi tidak lama setelah makan, kemungkinan tukak berada pada dinding lambung. Namun jika rasa sakit diredakan oleh makanan, maka kemungkinan tukak berada pada dinding usus dua belas jari.
  • Radang pankreas
Penyakit ini ditandai dengan sakit pada perut bagian atas yang menjalar hingga punggung yang disertai muntah. Tanda-tanda dari penyakit ini bervariasi, namun yang paling umum adalah sakit kuning, perut terasa keras, dan perubahan warna di daerah panggul.
  • Gangguan kantung empedu
Merasakan sakit terus-menerus di perut bagian atas sangat penting untuk diwaspadai. Sebab jika hal tersebut disertai dengan muntah, demam, dan rasa kaku, ginjal Anda berisiko bermasalah.
  • Radang selaput perut
Sakit perut bagian atas yang datang secara tiba-tiba kemudian hilang dan datang lagi adalah tanda bahwa selaput perut Anda mengalami peradangan. Kondisi ini biasanya menyebabkan perut terasa keras.
Waspadalah para pria yang biasa mengisap rokok dan berusia 55 tahun lebih jika mengalami sakit perut bagian atas. Salah satu tanda lanjutan dari kanker lambung adalah berat badan turun drastis, muntah, pembengkakan hati, dan sulit menelan makanan.
Jangan pernah meremehkan sakit perut bagian atas, terutama jika mengingat bahwa kondisi ini bisa dikarenakan oleh penyakit yang menyerang organ-organ penting tubuh. Jika Anda mengalaminya, segera cari tahu penyebabnya dan obati segera. Perbaiki pola makan Anda untuk mengurangi atau mencegah penyakit ini.
Demikian pembahasan mengenai Inilah Penyebab Sakit Perut Di Bagian Atas. Semoga bisa memberi manfaat bagi anda yang membaca nya. silahkan di share . jika ada keluhan tentang kesehatan lambung anda bisa konsultasi GRATIS SILAHKAN :BBM : 5E29237F – SMS/WhatApp : 085221818880.  makasih

KLINIK HERBAL USWAH –
WWW.SPESIALISLAMBUNG.COM

ALAMAT PRAKTEK TETAP :
JL. TAMANSARI – PASAR GEGERNOONG, KOTA TASIKMALAYA – JAWA BARAT.
(+_300 METER DARI RUMAH SAKIT ISLAM TASIKMALAYA)

Layanan Konsumen silahkan konsultasi GRATIS :
PIN BB            : 5E29237F  
SMS/WA/Line  : 085221818880