Monday, November 30, 2015

Hindari Terjadinya Tukak Lambung

Hindari Terjadinya Tukak Lambung, Setiap organisme hidup membutuhkan energi untuk dapat melakukan aktifitas kehidupannya sehari-hari. Manusia harus memenuhi kebutuhan energinya dengan cara mengkonsumsi makanan. Sistem pencernaan berfungsi untuk mengolah makanan untuk diubah menjadi energi bagi sel- sel tubuh.
Lambung merupakan bagian dari proses pencernaan yang penting, berfungsi menerima makanan/minuman, menggiling, mencampur dan mengosongkan makanan ke dalam usus halus. Lambung yang selalu berhubungan dengan semua jenis makanan, minuman dan obat-obatan akan mengalami iritasi kronik.

Hindari Terjadinya Tukak Lambung
Lambung dilindungi terhadap faktor iritan oleh lapisan mukus, epitel, tetapi beberapa faktor iritan seperti makanan dan minuman serta obat anti sakit golongan obat anti inflamasi non steroid, alkohol dan empedu dapat menimbulkan kerusakan lapisan mukus sehingga timbul gastritis dan tukak lambung. Di Indonesia biasanya penderita tukak lambung didiagnosa pada orang dewasa usia pertengahan sampai usia lanjut. Dan jumlah penderita laki-laki lebih banyak dari wanita.
Tukak lambung merupakan kerusakan selaput lendir lambung dengan gambaran bulat atau semi bulat , ukuran > 5mm pada mukosa lambung akibat terputusnya jaringan mukosa lambung. HCl dan pepsin produk yang paling utama yang dihasilkan oleh lambung yang dapat menimbulkan kerusakan pada mukosa lambung. Sekresi asam basal terjadi paling tinggi pada malam hari dan paling rendah pada pagi hari. Kecemasan, ketakutan atau stres serta kelelahan dapat merangsang pengeluaran asam lambung sehingga menyebabkan selaput lendir atau mukosa lambung menjadi rusak. 
Penyebab Tukak Lambung
Hingga saat ini, kelebihan asam diyakini menjadi penyebab utama penyakit maag dan dianggap signifikan dalam pembentukan ulkus/tukak lambung. Infeksi oleh bakteri bernama Helicobacter pyloricus (H.pylori) biasanya berlangsung selama bertahun-tahun dan menyebabkan ulkus lambung sebanyak 10% sampai 15%. Eliminasi bakteri ini dengan antibiotik terbukti dapat menyembuhkan bisul dan mencegah kekambuhan ulkus pada lambung. 

Penyebab utama ulkus lambung yang lain adalah penggunaan obat anti-inflamasi kronis, sering disebut sebagai obat anti inflamasi non steroid (OAINS), termasuk aspirin. Rokok juga merupakan penyebab penting pembentukan ulkus dan kegagalan pengobatan ulkus. Merokok tidak hanya menyebabkan pembentukan ulkus, tetapi juga meningkatkan resiko komplikasi ulkus, seperti pendarahan lambung, obstruksi, dan perforasi lambung.
Pola makan yang tidak sehat, tidak teratur, sering terlambat makan dan kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan juga menjadi penyebab penyakit lambung.  Selain itu, kecemasan, ketakutan atau stres serta kelelahan dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih sehingga menyebabkan selaput lendir atau mukosa lambung menjadi rusak. 
Secara umum pasien tukak lambung mengatakan keluhan sakit lambung umumnya seperti nyeri ulu hati, mual muntah, kembung, sendawa, rasa terbakar dan penuh di ulu hati serta cepat merasa kenyang. Namun jika sudah terjadi tukak pada lambung keluhan yang paling sering dikeluhkan ialah nyeri ulu hati dan rasa tidak nyaman yang disertai muntah. Rasa sakit tukak lambung timbul setelah makan, sedangkan sakit pada tukak usus halus hilang setelah makan. 
Adapun tukak lambung akibat penggunaan obat anti nyeri dan tukak lambung / maag pada usia lanjut biasanya tidak menimbulkan keluhan, hanya diketahui melalui komplikasnya berupa pendarahan atau perforasi. Selain dari gejala-gejala di atas dan pemeriksaan fisik, diagnosis tukak lambung juga dapat dilakukan dengan pemeriksaan penunjang seperti radiologi maupun endoskopi serta biopsi dan histopatologi kuman helicobacter pylori.
Komplikasi yang dapat ditimbulkan dari tukak lambung berupa:
1. Pendarahan, Insidensi 15-25%, meningkat pada usia lanjut (>60tahun)akibat adanya penyakit degeneratif dan meningkatnya penggunaan obat anti nyeri. Sebagian besar pendarahan berhenti spontan, sebagian memerlukan tindakan endoskopi terapi, bila gagal dilanjutkan operasi.
2. Perforasi, rasa sangat sakit tiba-tiba dan menyebar pada seluruh perut
Insidensi 6-7%, hanya 2-3% mengalami perforasi terbuka ke peritoneum, 10% tanpa keluhan dan 10 % disertai perdarahan tukak dengan tingkat kematian yang meningkat.
3. Penyempitan saluran lambung
Keluhan yang dialami berupa rasa cepat kenyang, muntah berisi makanan yang belum dicerna dan sakit perut setelah makan.
Mengobati dan Mencegah Terjadinya Tukak Lambung
Tujuan terapi yang utama ialah menghilangkan keluhan, menyembuhkan luka pada lambung, mencegah kekambuhan dan komplikasi. Terapi terdiri dari memperbaiki pola hidup dengan istirahat cukup, makan teratur, diet makanan pedas, asam maupun yang merangsang pengeluaran asam lambung berlebih serta berhenti merokok. Selain itu juga mengurangi atau menghentikan penggunaan obat anti nyeri yang berlebihan atau terlalu sering.

Pengobatan Harus Dilakukan oleh Ahlinya
Obat dokter dan herbal sama baiknya asalkan pengobatan dilakukan oleh ahlinya. Untuk dokter, maka mereka sudah ada pendidikan resmi, bertahap dan diterapkan di semua negara dengan standar yang hampir sama. Mereka sudah belajar dan diuji apakah sudah layak untuk melakukan pengobatan atau tidak.
Alamat Praktek Tetap :
Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)

Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi Bisa Di Layanan Konsumen :

Pin BB : 5E29237F

SMS /WA : 085221818880

obat herbal maag