Friday, November 13, 2015

Cara Mudah Menghindari Sakit Maag



 Untuk menghindari serangan maag, berikut adalah Cara Mudah Menghindari Sakit Maag yang bisa Anda terapkan:
Cara Mudah Menghindari Sakit Maag 
  • Makan Tepat Waktu
Asam lambung bersifat korosif/iritatif (mengikis). Apabila di dalam lambung Anda tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung kita sendiri. Kondisi ini dapat memperparah penyakit maag menjadi tukak lambung. Jadi, biasakanlah untuk makan tepat waktu.
Soya merupakan salah satu cara agar lambung tidak kambuh dan minuman kesehatan yang dapat menjaga lambung anda dari gejala naiknya produksi asam lambung. Tak hanya itu, susu soya yang berbahan dasar isolate kedelai juga mempunyai kandungan protein, mineral dan vitamin, Omega 6 dan Omega 3: berperan sebagai precursor AA/DHA yang penting untuk pertumbuhan otak dan mata. Karoten, Vitamin C, Vitamin E: berfungsi sebagai anti oksidan pelindung sel-sel tubuh dan mendukung perkembangan sistem penghilatan dan kekebalan daya tahan tubuh.
  • Hindari Makanan Pencetus
Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna akan meringankan beban kerja lambung. Jenis makanannya pun perlu diperhatikan. Sebaiknya penderita maag menghindari makanan atau minuman yang asam (asam cuka, jahe, jeruk), susu, sari buah sitrus, serta makanan pedas karena dapat memicu produksi asam lambung. Cokelat, kue tart, keju, dan makanan yang berlemak (mengandung minyak, santan, gorengan) juga harus dihindari karena sulit dicerna oleh lambung.

 Cara Mudah Menghindari Sakit Maag 
Usahakan mengkonsumsi makanan yang teksturnya lembut (lunak) dan mudah dicerna. Porsinya boleh sedikit namun dengan frekuensi sering. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, kecuali buah nangka, pisang ambon, kedondong, sayur sawi, dan kol. Sering-seringlah minum air putih, karena dapat mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman tersebut. Kurangi teh, kopi atau minuman bersoda

Berikut beberapa langkah lainnya yang dapat membantu mencegah kambuhnya maag lagi
  • Hindari Stres
Meskipun stres bukan penyebab sakit maag, namun stres adalah salah satu faktor yang dapat memperburuk kondisi sakit maag dan dapat menunda waktu penyembuhan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berpikir positif dan menjauhkan diri dari stress.
  • Stop Merokok
Merokok dapat meningkatkan asam lambung/maag. Selain itu, merokok juga dapat menghambat proses penyembuhan luka yang terdapat pada lapisan lambung.
  • Rutin Berolahraga
Sempatkanlah berolahraga agar tubuh senantiasa segar dan energik. Bila rajin menggerakkan tubuh, penyakit pun akan segan untuk datang menghampiri.
  • Berpuasa
Berpuasa dapat membantu memperbaiki kerja dari sistem pencernaan dan mengurangi penyakit maag. Seperti kita ketahui, jenis maag ada dua macam yakni maag ringan dan maag berat. Untuk seseorang yang menderita maag berat memang tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun bagi penderita maag ringan, puasa justru akan membantu proses kesembuhan penyakit maag.
  • Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan yang dimaksud adalah menjaga kebersihan alat makan dan minum. Penting juga untuk menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan sebelum makan agar terhindar dari infeksi bakteri helicobacter pylori (bakteri yang dapat menginfeksi lapisan dinding lambung).
  • Istirahat Cukup
Tidak hanya pola makan yang harus teratur, tapi juga dengan pola tidur. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di  spesialis lambung

Referensi :
Konsultasikan GRATIS keluhan anda kepada spesialis lambung
Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi Bisa Di Layanan Konsumen :
Pin BBM : 22283064
SMS /WA : 085221818880
Atau datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :

Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)